Gelar Karya P5 Tema “Kearifan Lokal – Aku Cinta Jajanan Tradisional

SDIT Darul Fikri melaksanakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan menyusung Tema “Kearifan Lokal – Aku Cinta Jajanan Tradisional”.

Ketika melihat fenomena sekarang, sebagian anak tidak tahu makanan tradisional. Justru mereka lebih mengenal dan bangga makanan modern. Sehingga tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan kembali dan menggunggah peserta didik.

Projek ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat karakter siswa-siswi melalui nilai-nilai Pancasila yang diintegrasikan dengan budaya lokal. Salah satu aspek penting dari Pancasila adalah kecintaan terhadap tanah air, yang dalam konteks ini diwujudkan melalui pengenalan dan pelestarian kuliner tradisional. Jajanan tradisional merupakan warisan budaya yang tak ternilai, yang mencerminkan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan.

Siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6 dengan penuh antusiasme menampilkan berbagai macam kreasi dari jajanan khas daerah seperti wadai bingka, guguduh dengan bimbingan para ust/zah mereka tidak hanya belajar tentang cara pembuatan jajanan tersebut, tetapi juga menggali sejarah dan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Anak-anak juga mempersembahkan hasil karya melalui berbagai media seperti gambar, prakarya, dan presentasi sederhana.

Selain itu, acara ini juga memperlihatkan kerja sama yang baik antar siswa kelas 1 yang masih baru dalam dunia pendidikan dengan siswa kelas 6 yang sudah lebih berpengalaman. Mereka bekerja bersama dalam kelompok, saling berbagi tugas, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Harapannya dari Gelar Karya P5 mengenalkan ragam makanan tradisional kepada anak, anak-anak akan semakin suka dan bisa tahu betapa kayanya kita memiliki budaya makanan tradisional dari berbagai macam bahan.

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh warga SDIT Darul Fikri atas partisipasinya dalam Acara Gelar Karya P5. Mari kita Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *