Khatmul Qur’an dan Imtihan SMP IT Darul Fikri Balangan

Di Aula Mayang Maurai Garuda Maharam pada hari selasa, 28 Mei 2024 telah di laksanakan Imtihan dan Khotmil Quran angkatan kedua. kegiatan diikuti oleh kelas 8 dan 9 sebanyak 14 siswa, yang telah lulus tartil 4 orang, juz 1 5 orang dan tahfid juz 30 5 orang.

Tak hanya itu, pimpinan Yayasan Al Izzah, serta pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta orang tua/wali murid juga diundang menyaksikan acara Khamul Quran dan Imtihan.

Kepala SMP IT Darul Fikri Balangan Siti Noor Janah,S.Pd mengaku berterima kasih atas kerjasama UMMI Foundation Surabaya dalam mendukung acara Khatmul Qur’an dan Imtihan SMP IT Darul Fikri Balangan.

“Terimakasih untuk tim UMMI Foundation yang telah memastikan pembelajaran Al-Qur’an anak-anak berlangsung dengan baik sehingga mereka bisa lolos ujian dan mengikuti kegiatan imtihan ini, Ujar ustdzh Siti Noor Janah saat memberikan sambutan.

Disisi lain, Ketua Yayasan Al Izzah Balangan, Tofik Ludiyanto, S.Pd juga berpesan pada anak mengenai kunci hidup sukses.

“Dalam kesempatan ini saya hanya bisa berpesan pada anak-anak semua. Salah satu kunci sukses di dunia dan akhirat adalah birrul walidain,” Ujar tofik dalam sambutan

Acara selanjutnya yakni imtihan, yang dipandu langsung oleh Ust. Pahrudi selaku koordinator UMMI Faundation Kalimantan Selatan.

Imtihan merupakan proses tanya jawab seputar tartil (perlahan dan jelas) fashohah (kefasihan ucapan), ghorib (bacaan yang tidak seperti biasanya), tajwid (hukum dalam membaca Al Qur’an) dan hafalan.

Dalam sesi ini, peserta tahfidz dan tartil dipilih secara acak dan diminta menunjukan hasil hafalan suratnya kedepan publik, sesuai juz Al Qur’an mereka masing-masing.

Sedangkan khusus pertanyaan ghorib telah disediakan slide peraga ghorib. Disini wali siswa dimanta memilih halaman yang diinginkan, kemudian siswa ditugaskan untuk membaca ayat halaman tersebut dan menjelaskan ada pelajaran/ilmu tajwid apa yang ada pada ayat tersebut.

Usai diuji, siswa dipersilahkan menemui orang tua/wali murid mereka untuk meminta doa restu. Permohonan doa restu anak-anak disambut para orang tua dengan pelukan kasih sayang. Mendadak seisi ruangan diselimuti rasa haru biru melihat peserta imtihan menangis dalam pelukan orang tuanya masing-masing.

Diakhir sesi diadakan pemberian penghargaan sertifikat kepada peserta khatmul Qur’an dan Imtihan metode UMMI di SMP IT Darul Fikri Balangan tahun ajaran 2023/2024.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *